Pengumuman Hasil Tes Wawancara KI Kaltara

Tuesday, January 10, 2023

KI Kaltara ikuti Rakornas Komisi Informasi se Indonesia Tahun 2022

 


SEMARANG- Komisi Informasi (KI) Kaltara mengikuti kegiatan rapat kerja nasional (Rakornas) ke 13 Komisi Informasi se Indonesia, di Semarang, 12-14 Oktober. Untuk diketahui, Rakornas yang bertemakan “Peran Komisi Informasi Mengawal Penyelenggaraan Pemilu yang Transparan Dalam Rangka Meningkatkan Ketahanan Nasional” ini ini diikuti oleh 5 komisioner KI Kaltara ditemani 1 staf.

“Rakornas sangat penting karena sebagai penyelaras program-program Komisi Informasi baik di pusat maupun di daerah,” kata Ketua Komisi Informasi Kaltara, Mohamad Isya.

Rangkaian rakornas dihari pertama dibuka dengan seminar publik yang menghadirkan Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas), kemudian dilanjutkan dengan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan dilanjutkan dengan akademisi dan pengamat keterbukaan informasi publik.

Di hari berikutnya dilaksanakan sidang pleno yang membahas materi yang sudah disiapkan dalam rapat kerja teknis (Rakernis) beberapa waktu lalu.

Isya menjelaskan, Rakornas di Semarang ini menjadi momentum untuk Komisi Informasi se Indonesia untuk mensukseskan penyelenggaraan pemilu tahun 2024. “Tentunya dengan tugas dan fungsi yang sudah ditetapkan,” katanya. 

Dikatakannya, adanya keterbukaan informasi dalam penyelenggaraan pemilu dan pemilihan, dapat memberikan jaminan akses informasi, kontrol masyarakat serta meningkatkan pertanggungjawaban penyelenggara pemilu dan pemilihan. “Yang pada akhirnya akan menciptakan akuntabilitas dengan kepercayaan masyarakat,” jelasnya.

Dengan kegiatan Rakornas tersebut diharapkan Penyelenggara pemilu harus dapat mewujudkan keterbukaan informasi publik dalam setiap tahapan pemilu dan diukur dengan adanya indikator kesediaan dan aksesibilitas informasi.(roy)

0 comments:

Post a Comment